Sebuah catatan tentang aku dan yo-yo ku.

Selasa, 09 Juni 2009

Si Jenius di Balik Facebook

Percaya nggak kalian, si jenius yang ada di balik Facebook baru berusia 23 tahun! Yups, umur Mark Zuckeberg memang masih muda. Tapi, jangan ragukan kemampuannya dalam mengotak-atik komputer deh. Sejak masih duduk di kelas enam SD, cowok kelahiran 14 Mei 1984 ini sudah kecanduan banget sama program komputer. Saat masih kuliah di Harvard University, dia sempat bikin situs online khusus kampus, Facemash.

Situs yang sempat online selama empat jam ini akhirnya diketahui pihak kampus dan dihentikan. Nah, Facebook itu sendiri sebenarnya sudah diciptakan Mark dari awal tahun 2004 dengan bantuan dari teman-teman sesama mahasiswa Harvard, Dustin Moskovits dan Chris Hughes.

Pertengahan tahun 2004, Facebook sudah merambah kampus-kampus selain Harvard. Kemudian pada tahun 2005, Facebook merambah anak-anak SMA di sana dan mulai menyentuh kalangan pekerja pada April 2006. Akhirnya sejak September 2006, Mark membuka situs ini untuk khalayak umum.

Melihat Facebook yang berkembang pesat, Yahoo tertarik untuk membelinya dengan harga hampir satu juta dollar, lho! Tapi Mark menolaknya, tuh. "Kami tidak kepikiran untuk menjual perusahaan ini. Itu bukan tujuan utama dari perusahaan ini," ujar Mark yang menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Facebook.

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online