Sebuah catatan tentang aku dan yo-yo ku.

Rabu, 10 Juni 2009

Bisnis Dunia Maya

Kalau selama ini kita hanya menggunakan internet untuk mengecek email, chatting, browsing, main game, main facebook, nah, sekarang kita bisa memberdayakan internet untuk berjualan. Bisnis online ini sudah mulai menjamur dimasyarakat karena kita nggak perlu menjadi ahli marketingatau ekonomi untuk melakukannya. Bahkan anak-anak remaja seusia gue pun bisa ikut mencoba mencari keuntungan lewt bisnis online ini. Gimana, kalian tertarik..?

BANYAK UNTUNGNYA
Kok bisnis online ini bisa digemari ya..? Tentu aja karena bisa dilakukan oleh siapapun, banyak pula kelebihan dan keuntungan yang bisa kita peroleh dari membuka bisnis online, antara lain :

1. Pasar yang luas. Jaringan internet itu luas banget. Makanya kita bisa memasarkan bisnis kita ke mana aja, termasuk juga keluar negeri.

2. Modal murah. Kita nggak perlu nyewa gedung atau toko buat tempat jualan. Nggak perlu juga mencetak lalu menyebarkan brosur iklan buat promosiin produk kita. Soalnya, semua hal itu bisa dilakukan via internet. Lebih hemat kan..?

3. Dapat dijalankan paruh waktu. Nggak perlu takut ganggu waktu sekolah atau ekskul kalian, soalnya kita bisa menjalankan bisnis internet ini di waktu luang. Lalu, “toko” online ini juga buka 24 jam sehari, tanpa harus dijaga setiap saat.

MARI BERBISNIS
Mulai tertarik berbisnis online..? Coba deh trik jitu dari gue berikut untuk memulai bisnis kamu :

1. Pilih barang jualan
Untuk berbisnis, pertama-tama tentunya kita harus punya produk yang dijual, dong. Produk ini bisa buatan sendiri atau buatan orang lain. Jadi mulailah berburu barang-barang bagus untuk dipasarkan.
Lalu, karena kita akan banyak menggunakan jasa pengiriman, jadi carilah produk yang awet dan nggak gampang rusak, seperti pakaian, mainan, atau aksesoris. Kalaupun ingin berbisnis makanan, misalnya parcel buat lebaran tuh, cari makanan atau kue yang nggak cepet basi.

2. Membuat website atau blog pribadi
Kalian udah punya blog atau website belum..? ya ampun, jadul banget sih kalian, hehehe... Website atau blog ini adalah “toko” kita di dunia maya. Tempat kita bisa menaruh foto, info produk, harga dan cara pemesanan. Agar barang dagangan kita makin eksis, buatlah website atau page pribadi di situs sosial networking seperti Blogspot, Friendster, Multiply, atau Facebook. Soalnya situs ini mempunyai anggota yang banyak.
Yang terpenting, kita harus membuat website itu semenarik becak, eh salah, semenarik mungkin maksudnya. Istilahnya, kita nggak akan masuk ke toko yang kumuh, kan..? So, pamerkan foto yang bagus dan penjelasan yang akurat dan detail tentang produk kita, agar orang-orang tertarik untuk membeli produk kita. Maklum lah, barang dagangan kita kan nggak bisa dilihat langsung. Jadi kita harus meyakinkan mereka lewat gambar.

3. Promosi
Bagian terpenting dari sistem penjualan adalah promosi. Nah, sistem promosi di internet lebih murah dan luas banget, jadi pergunakan sebaik-sebaiknya. Cara yang paling gampang adalah mengirimkan email ke semua link atau website teman-teman kita, atau juga bisa dengan mengisi pesan lewat kotak shout box pada website atau blog teman kita. Menjadi member di beberapa mailing list atau yang biasa disebut milis juga bisa menjadi alternatif lain untuk promosi. Kalo gue sih promosiin blog gue di yoyoindonesia@yahoogroup.com sama anak-anak YoIn. Dengan mengirim iklan ke milis tersebut, otomatis semua membernya akan membaca.

4. Update website
Jangan lupa untuk terus meng-update website kita dengan produk baru agar orang-orang nggak bosen dan punya banyak pilihan. Supaya lebih menarik, buatlah daftar produk best seller, dan letakkan di halaman depan website kita. Sekali-kali, boleh juga tuh memberi diskon khusus untuk produk lama sama pembeli yang belinya borongan.

5. Ingatkan pembeli
Selalu mengingatkan setiap orang yang mengunjungi website kita, baik yang membeli produk kita ataupun yang sekedar bertanya saja, makanya harus sabar kalo di tanya-tanya sama orang. Kita harus aktif untuk berhubungan dengan para pelanggan kita. Misalnya, mengirim email untuk sekedar bertanya apakah produk kita memuaskan, dan mengirim email setiap kali ada produk baru yang dijual.
Dengan terus berhubungan baik dengan para pelanggan, “toko” kita akan diingat dan mereka pun nggak ragu untuk rajin berkunjung dan merekomendasikan “toko” kita ke orang lain.

Jadi cuma satu aja pesen gue..”Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil,”.

Fairuz Salwina
085740285365

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online