Sebuah catatan tentang aku dan yo-yo ku.

Minggu, 24 Mei 2009

Solidaritas Persahabatan

Gue nggak terlalu ingat atau mungkin nggak sadar kapan saja gue pernah solider sama teman-teman gue. Tapi, yang pasti sih kalau ada temen gue yang punya masakah, sebisa mingkin gue akan bantuin dia. Meskipun terkadang bikin gue repot sendiri. Pernah nih, gue sudah susah payah nabung buat beli gadget yang sudah lama banget gue taksir. Eh, pas baru saja gue mau beli, tiba-tiba temen gue dateng buat pinjem uang. Ya sudah deh gue, kasih saja uang tabungan gue ke dia. Akhirnya gue nggak jadi beli gadget itu karena meskipun uangnya sudah dibalikin, tapi nafsu untuk memilikinya sudah hilang. Tapi, gue nggak nyesel kok. Soalnya, temen gue itu emang butuh bantuan.

Kalau mau solider sama temen berarti kita harus berani berkorban demi temen kita itu. Karena biasanya kalau kita ikut campur masalah temen kita apalagi sampai membelanya mati-matian, kita akan terkena dampak dari masalahnya juga. Meskipun kita nggak salah apa-apa. Makanya saran gue, sebaiknya sebelum kita berniat untuk solider sama temen kita dilihat dulu apa masalahnya. Supaya nanti nggak kaget atau salah langkah yang malah bikin masalahnya ambah besar.

Tapi, gue sendiri kadang-kadang juga suka mikir panjang kalau mau belain temen. Akibatnya gue sering kena masalah deh gara-gara nolongin temen gue, bahkan pernah sampai merusak barang orang lain, hehehe.....Jadi, pernah waktu lagi ngumpul gitu, salah satu temen gue datang dan bilang kalau motornya dirusak sama orang. Karena panas melihat temen kita susah, gue dan teman-teman yang lain akhirnya bantuin dia untuk balas dendam merusak motor orang itu. Jahat, ya..? Tapi itu salah satu contoh solidaritas yang nggak bagus, lho…Jadi jangan ditiru ya, hehehe......

Kenapa gue sampai segitunya solider sama temen gue..? Ya, karena gue yakin mereka akan berbuat hal yang sama kalau gue punya masalah. Gue percaya banget temen-temen gue punya rasa solidaritas yang sama gedenya. Bahkan meskipun gue tau nih, temen gue berada di pihak yang salah, gue akan tetep belain mereka. Pokoknya, gue usahain gimana caranya agar temen nggak celaka. Dan gue juga mau nanggung resiko dan nggak nyesel kalau ternyata nanti gue kena getahnya.

Jadi memang sebaiknya solider sama temen itu jangan setengah-setengah, harus total. Jangan cuma di mulut doing kalau kita mau bantuin dia, tapi begitu dateng masalah, kita langsung kabur. Solider sama temen itu banyak untungnya, kok. Yang jelas, persahabatan kita dengan temen-temen kita semakin erat. Terus kalau nanti kita punya masalah, mereka pasti akan gentian ngebantuin kita. Tapi, kita juga harus pintar lihat sikon kalau mau solider sama temen. Jangan sampai kelakuan teman yang negatif, kita tiru hanya karena alasan solidaritas. Kita juga harus tahu mana teman yang pantas mendapatkan rasa solidaritas dari kita.



Salam Solidaritas, Teman..!



Vairooz

IX D”

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online