Sebuah catatan tentang aku dan yo-yo ku.

Minggu, 03 Mei 2009

DARI HOBI JADI PROFESI-Kang Oke Rosgana di Kick Andy

Dokter, insinyur, pilot, dan sebagainya merupakan profesi yang dianggap mapan dalam pandangan masyarakat sekarang ini. Tidak salah memang, karena materi yang dihasilkan dari profesi tersebut cukup lumayan. Dan, itu kadang menjadi ukuran sukses seseorang. Namun sebenarnya ada beberapa profesi yang selama ini dianggap sebelah mata, tapi jika ditekuni bisa menghasilkan pendapatan yang tidak kalah, bahkan melebihi apa yang didapat dari penghasilan beberapa profesi formal tadi. Profesi seperti disc jockey atau DJ, bartender, pemain skateboard, visualizer iklan, pembuat tato, atau bahkan pembuat yoyo.
Milinka Mikaela Radisic, misalnya. Perempuan yang akrab disapa DJ Milinka ini adalah DJ wanita pertama di Indonesia. Perempuan berdarah Yugoslavia-Indonesia ini adalah sarjana ekonomi lulusan Belanda. Awalnya dia menekuni pekerjaan sebagai stock broker atau pialang saham. Namun karena hobi musiknya yang kuat, akhirnya terjun menjadi Disc Jockey. Wanita berusia 31 tahun ini sering mendapat penghargaan di dalam negeri maupun mancanegara. Profesi DJ di Indonesia saat ini memang sedang digandrungi anak muda. Dan ini juga dibenarkan “pakar Dj” Indonesia, Audi Riri Mestika Rachman atau dikenal dengan DJ Riri. “Kebanyakan profesi DJ ini berawal dari mereka yang gagal dengan tujuan utama dan kalau ditekuni bisa berhasil,” ujar Riri yang mengaku cita-cita awalnya menjadi penyanyi. Lain lagi cerita Aditya Ananda atau Adit. Pemuda 24 tahun ini awalnya mengikuti kompetisi bartender Asia-Pasifik di Malaysia pada 2007 lalu. Di negeri jiran itu Adit berhasil menjadi juara. Ia melihat profesi bartender bisa berkembang baik di Malaysia karena mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Dan, sejak itu ia menekuni sebagai “flair bartender” yaitu bartender yang menghibur dengan olah keterampilan melempar botol. Dengan profesi ini Adit mengaku bisa menjelajah dunia dan mempunyai sekolah bartender. Lain lagi cerita Reno Pratama. Karena hobinya bermain skateboard atau papan luncur sejak kecil, dia rela meninggalkan bangku sekolah. Reno yang kini berusia 23 tahun adalah skater terbaik di Indonesia. Adegan-adegan ekstrim, mulai meluncur dan melompat tembok, hingga meluncur di atas gerbong kereta api sudah biasa bagi Reno yang pernah menjadi Juara II Asian Indoor Skateboarding di Thailand pada 2007 lalu. Secara materi Reno mengaku sudah cukup karena ia telah mendapat kontrak dari sponsor dari atribut luar negeri yang dikenakannya mulai dari T Shirt hingga sepatu.
Berbekal kepiawaian menggambar mendatangkan berkah. Itulah ungkapan yang pantas bagi Andrie Lemez dan Kent-Kent. Andrie yang hobi melukis kini menekuni profesi sebagai visualizer iklan dan layar lebar. Karyanya yang bisa kita nikmati di layar kaca adalah iklan salah satu produk minuman yang dibintangi Aura Kasih dan iklan produk kecantikan yang dibintangi Bunga Citra Lestari. Menurut Andrie, profesi visualizer ini masih jarang dan masih hitungan jari. “Padahal penghasilannya lumayan lho”, ujar Andrie yang sering menampik order, tertawa. Begitu juga Kent-Kent. Berkat hobi melukis, pria asal Bandung 37 tahun ini berprofesi sebagai tukang pembuat tato. Nah, jangan dianggap remeh pekerjaan ini. Kent-Kent yang sarjana seni ini melalui tato sudah sering mendapat penghargaan baik di dalam maupun luar negeri.
Terinspirasi juara dunia yoyo yang datang ke Indonesia, membuat Oke Rosgana kini menekuni profesi sebagai Desainer Yoyo. Desain yoyo pria asal Subang, Jawa Barat lulusan Fakultas Seni Rupa ITB hingga kini telah dipakai dan diekspor ke sejumlah negara seperti Jepang, Afrika, Inggris, Jerman dan Amerika Serikat. Selain mendesain yoyo, Oke juga mahir memainkan mainan tersebut, bahkan melalui permainan yoyonya ia pernah diundang pemerintah Sudan dan diarak keliling kota diberi gelar “yoyoman”. Sepintas, profesi di atas kadang tidak terbayang di benak kita karena sering dianggap sebalah mata. Namun dengan kejelian dan keahlian tertentu, ternyata bisa mendatangkan uang dan bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Note: Kang Oke Rosgana apanya Kang Oki Rosgani? :D atau orangnya sama kah..?

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online