Sebuah catatan tentang aku dan yo-yo ku.

Senin, 25 Mei 2009

Merayakan Malam Idul Fitri ala Komunitas BMX Freestyler

Jakarta - Jika orang lain beramai-ramai memadati jalan raya untuk merayakan malam takbiran, berbeda dengan komunitas BMX Freestyler ini. Mereka menggelar aksi bersepeda gaya bebas di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, Selasa (30/9/2008), ratusan pasang mata tampak terkagum-kagum menyaksikan aksi yang dilakukan oleh para remaja ini.

"Bagi kami makna kemenangan hari raya idul fitri ini tidak perlu dimeriahkan dengan mercon maupun kembang api, namun dengan kegiatan yang positif, khususnya bagi kami sendiri. Itu lebih baik ketimbang berarak-arakan di jalanan di mana dampak negatifnya lebih besar. Misalnya saja kecelakaan, belum lagi menimbulkan macet," kata salah satu demonstrator bernama Ajo.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sejak 1993 itu bermanfaat buat kesehatan. Selain itu ikut membantu pemerintah dalam memberikan perhatian terhadap isu global warming.

"Pakai sepeda kan lebih aman, sudah begitu ini juga tidak menimbulkan polusi," imbuhnyas.

Para bikers yang mengikuti aksi tersebut ternyata tidak hanya dari kelompok yang berada di Jakarta. Ada juga yang berasal dari wilayah Bekasi dan Tangerang.

Anggota komunitas BMX Freestyler bahkan ada yang masih berumur 13 tahun atau masih duduk di bangku SD. Misalnya Alba, yang mengaku telah mahir mempraktekkan gaya freestyaler sejak berumur 10 tahun.

"Saya bisa gaya three sixty. Itu merupakan gaya dengan menganggkat ban sepeda depan dan memutar-mutarkannya di udara. Selain itu saya juga bisa bunny hop," cetusnya.

Alba berbagi cerita, awalnya dia merasa takut apabila terjatuh. Namun, karena semangat dan keinginannya yang kuat untuk memperlajari freestyler, akhirnya anak yang bertubuh kecil ini rela terjatuh dari sepedanya berulangkali.

"Saya juga pernah patah kaki. Tapi saya tetap semangat," kata dia.

Ajo menginginkan komunitas ini tetap bisa eksis dan menelurkan generasi-generasi yang baru. Dia pun berharap hobinya ini bisa menjadi salah satu cabang olah raga.

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online